Cara memblokir IP melalui cPanel secara manual di Hosting anda

Cara memblokir IP melalui cPanel secara manual di Hosting anda

Permasalahan security atau keamanan sebuah website adalah hal yang mutlak untuk mendapatkan perhatian lebih dari para pemilik website.
Karena jika keamanan website kita jebol maka website kita bisa dengan mudah berpindah tangan ke orang lain atau website kita menjadi kacau balau dan tidak bisa menghasilkan uang sedikitpun.
IP siapa saja yang seharusnya kita blokir untuk mengakses website kita ? IP yang harus kita blokir adalah IP orang yang mempunyai niat jelek dan tidak baik terhadap kelangsungan hidup website yang kita punya.
Jika kita sudah mempunyai daftar IP yang terdeteksi secara sengaja mengganggu website kita maka ada baiknya kita memblokirnya secara permanen.
Permasalahan blokir IP ini bukan hanya dikhususkan untuk IP yang di pakai oleh Hacker saja namun lebih bersifat ke spamming, meneror kita ataupun berkomentar yang tidak sopan maka dari pada kita dipusingan dengan tingkah laku orang yang jail tersebut maka lebih baik kita memblokir IP orang tersebut secara permanen.
Dengan diblokirnya IP dari orang yang jahil terhadap kita maka dia tidak akan bisa lagi mengakses website kita jika menggunakan IP yang sama. Cara ini sangat efektif menurut kami karena kita bisa memblokir secara total IP tersebut untuk bisa masku ke Website yang kita punya. Jika anda mempunyai 10 website dalam satu akun webhosting maka anda akan sekaligus memblokir IP tersebut mengakses website anda yang lainnya.

Cara memblokir IP melalui cPanel secara manual di Hosting anda

Dalam contoh ini kami menggunakan cPanel dengan hosting dari Hostgator. Jika anda menggunakan Hosting lainnya sebenarnya akan sama saja yag berbeda mungkin hanyalah tampilannya saja.

Langkah 1

Silahkan anda login ke akun cPanel akun hosting anda . Masukkan username dan Password anda

Langkah 2

Setelah anda berhasil login maka silahkan anda cari bagian security dan kemudian klik IP Deny Manager



Langkah 3

Anda akan melihat halaman IP deny Manager tersebut seperti pada gambar di bawah ini

Langkah 4

Bagaimana cara menggunakan halaman IP Deny Manager ini ? cara cukup mudah kok , contoh disini kita akan memblokir sebuah IP yang tidak kita inginkan mengakses website kita.
188.165.174.88 atau IP yang sering dipakai untuk iseng 146.0.74.205
Misalnya kita akan memblokir IP diatas maka silahkan lakukan hal berikut :
  1. Copy dan paste IP tersebut di kolom IP Address or Domain
  2. Klik Add untuk mulai memasukkan IP tersebut kedalam daftar IP yang akan kita Blokir

Langkah 5

Anda akan melihat sebuah pesan yang mengatakan proses pemblokiran IP tersebut seperti pada gambar dibawah ini
Sekarang IP diatas sudah tidak akan bisa lagi mengakses website – website yang kami punyai. Cukup mudah bukan ? semoga sharing kami kali ini bisa bermanfaat bagi anda semua yang ingin memblokir sebuah IP mengakses website anda.



sumber: http://www.bloggerdiscuss.com/cara-memblokir-ip-melalui-cpanel-secara-manual-di-hosting-anda/


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Mas Paidi, Published at 22.33 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar